DESKRIPSI MANAJEMEN BISNIS RETAIL
Menejemen bisnis retail telah menjadi kebutuhan dalam masa mendatang, ditengah persaingan yang makin ketat diperlukan trik dan strategi bisnis yang lebih smart. Maraknya retailer – retailer baru yang menyebabkan semakin semarak bisnis ini, beragam strategi telah dilakukan oleh retailer baru dan lama.
Peningkatan kualitas SDM tidak dapat diragukan lagi, hal ini
menjadi kewajiban untuk dapat menang bersaing dai pasar. Pasar selalu bergerak
dinamis dan kreatif, banyak telah terjadi perubahan dalam mengembangkan bisnis
retail di pasar. Seperti melihat secara helicopter view, hal ini harus
dilakukan agar pebisnis dan pengelola serta pelaksana dilapangan dapat
mengambil langkah lebih kompetitif.
Langkah langkah strategis harus dilakukan secara kreatif setiap
bulan dalam review penjualan dan pelayanan usaha. Kekuatan bisnis retail tidak
hanya dalam menjual saja tapi sampai menjaga loyalitas pelanggan. Hal ini
memerlukan kreatifitas team yang handal, karena informasi terbaru ada di
lapangan atau pasar.
Seringkali kita melupakan konsep dasar dari bisnis retail yaitu
“kepuasan pelanggan”, kita hanya berpacu pada penjualan saja. Pandangan ini
sangat menjebak dan bisa menyebabkan kreatifitas tumpul. Diperlukan sinergi
system retail mulai dari hulu yaitu Purchasing sampai Penjualan akhir kepada
User yaitu Customer. Bila kita telah sadar bahwa semua merupakan satu kesatuan
system maka secara otomatis usaha bisnis retail kita akan menjadi sukses.
Pengelolaan yang tidak benar dapat menyebabkan kebangkrutan
dalam waktu hitungan hari, penataan Lay Out Toko yang tidak benar, Pengalolaan
Inventory yang dapat menyebabkan penimbunan barang hingga modal tidak dapat
berputar, Desain Toko yang membosankan membuat customer jenuh, dan SPG yang
tidak menlakukan sevice excellence dapat menyebabkan Bad Image.
Training ini
memberikan solusi yang tepat ditengah kejenuhan trik retail yang banyak
dilakukan di pasar. Kesiapan anda memperluas market share sudah menjadi
kewajiban team semua, Sudah siapkah anda ? untuk merebut pasar yang ada !!!!
TUJUAN MANAJEMEN
BISNIS RETAIL
Peserta training akan
lebih mengerti secara jelas hal-hal yang harus dilakukan dilapangan setelah
mempelajari materi ini.
Meteri ini lebih menekankan kepada tehnis bukan teoritis dengan
komposisi 70 % Aspek Tehnis dan 30 % Teoritis, system delivery knowledge dengan
pendekatan
Peserta
Direktur ,Manajer / Staff Store,Purchasing,Promotion,Marketing ,
Dll
MATERI MANAJEMEN BISNIS RETAIL
1. STORE
MANAGEMENT
2. STORE
PROMOTION
3. MERCHANDISING
4. SERVICE
EXCELLENCE & CONSUMER BEHAVIOR
5. STRATEGY
MARKETING
6. FINANCE
SUB MATERY TRAINING
1. STORE
MANAGEMENT
Mempelajari Penataan toko dengan system manajemen yang tepat.
1. Penataan
Lay Out toko secara maksimal
2. Melakukan
Grouping
3. Penataan
Island yang strategis
4. Pengaturan
SDM yang baik
5. Pengaturan
Jam Kerja
6. Pengaturan
Flow product
2. STORE
PROMOTION
Mempelajari trik promosi yang tepat dan menarik di Toko
1. Melakukan
analisa promosi selama satu tahun
2. Membuat
program promosi yang produktif
3. Desain
promosi yang menarik
4. Menentukan
media promosi secara ekonomis dan efektif
3. MERCHANDISING
Mempelajari pengelolaan merchandise secara tepat
1. Membina
hubungan baik dengan vendor
2. Membuat
pengelompokan barang sesuai dengan kebutuhan Toko
3. Melakukan
analisa inventory
4. Penataan
barang yang tidak merugikan
5. Sistem
online antara gudang dengan Toko
6. Visualisasi
merchandise yang menarik
7. Penataan
Display Toko yang menarik
8. Stock
Opname merchandise
9. Peran
dan fungsi IT
4. SERVICE
EXCELLENCE & CONSUMER BEHAVIOR
Mempelajari trik pelayanan prima dengan mengetahui secara tepat
perilaku pelanggan.
1. Performance
appearance
2. Grooming
3. Filosofi
dasar palayanan
4. Pelayanan
dari dalam hati
5. Handling
complain
6. Consumer
character
7. Perfect
Communication
5. MARKETING
STRATEGY
Mempelajari strategi pemasaran bisinis retail secara tepat
1. Membuat
parameter analisa pasar dengan lebih objective
2. Melakukan
analisa pasar kebutuhan product yang lebih fast moving
3. Maping
market nice
4. Media
analysis
6. FINANCE
Melakukan penataan keuangan Toko yang lebih baik
1. Budgeting
2. Penyusunan
laporan keuangan
Komentar
Posting Komentar